• sman25bandungofficial@sman25bandung.sch.id
  • Telepon : 022-7560119
News Photo

IDENTITAS SEKOLAH

  • KONTEN MENU
  • 28 Oktober, 2020

DATA SEKOLAH

a.     Nama Sekolah    :  SMA Negeri 25 Kota Bandung

b.     Alamat Sekolah  :  Jl. Baturaden VIII No. 21 Ciwastra

c.     Kelurahan           :  Mekarjaya

d.     Kecamatan         :  Rancasari

e.     Kota                    :  Kota Bandung

f.      Provinsi              :  Jawa Barat

g.     Kode Pos            :  40292

h.     Telepon              :  022-7560119

i.      Website              :  www.sman25bdg.sch.id

j.      e-mail                 :  sman25bandung@sman25bandung.sch.id

k.     NSS                     :  30.1.02.60.25.134

l.      NPSN                  :  20219247

 

2)     Kepala Sekolah

a.     Nama Lengkap                :  Hj. Siti Nurmala, S.Pd., M.M.Pd

b.     N I P                               :  19650626 198703 2 002

c.     Pendidikan Terakhir       :  S-2

d.     Golongan / Pangkat       :  IV.c / Pembina Utama Muda

e.     No. Telepon / Ponsel     :  0815-4696-4244

3)     Komite Sekolah

a.     Drs. Agusdian Martdian

b.     Drs. Khairil Anwar

c.     Dede Sunarya, S.Sos.

 

4)     Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah

a.     Penasihat                       :  Drs. H. Ujang Sutiana, M.M.Pd.

b.     Penanggung Jawab         :  Hj. Siti Nurmala, S.Pd., M.M.Pd

c.     Ketua                              :  Andrian Yusnandar, S.Pd.

d.     Sekretaris                       :  H. Hasan Yusuf, SThI, MAP.

e.     Anggota                          :  1)  Drs. Agusdian Martdian

   2)  Dra. Mini Sulasmini

   3)  Siti Ida Farida, S.Pd.

   4)  Yeti Rusmiati, S.Pd., M.PFis.

   5)  Asep Ismail

 

5)     Wakil Kepala Sekolah

a)     Bidang Kurikulum           :  Jajang Sudrajat, M.Pd.

b)     Bidang Kesiswaan           :  Iwan Ridwan, S.Ag., S.Pd.I, M.Pd.

c)     Bidang Sarpras                :  Melani Kurniasih, S.Pd.

d)     Bidang Humas                 :  Nina Napilah, S.Pd., M.M.


  Keadaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Jumlah seluruh Personal Sekolah sebanyak 98 orang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah, 73 orang Pendidik (39 orang PNS, 1 orang PNS Non Induk  dan  33 orang GTT), 24 orang Tenaga Administrasi Sekolah (4 orang PNS dan 21 orang Honorer). Tenaga Administrasi Sekolah terdiri dari 11 orang Karyawan Administrasi Sekolah, 2 orang tenaga Perpustakaan, 1 orang laboran, 4 orang Satpam dan 6 orang Caraka/Pesuruh.  Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA Negeri 25 Kota Bandung Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat dilihat pada tabel 2.2 sebagai berikut:

 Data Pendidik

 

No.

Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan

Jabatan

Kualifikasi

1

Hj. Siti Nurmala, S.Pd., M.M.Pd.

Kepala sekolah

S2/PNS

2

Drs. Badrudin

Guru Pend. Agama Islam

S1/PNS

3

Iwan Ridwan, S.Ag, S.Pd.I, M.Pd

Guru Pend. Agama Islam

S2/PNS

4

DR. Yatti Rosmiati

Guru PPKn

S3/PNS

5

Dra. Etih Hertika

Guru Bahasa Indonesia

S1/PNS

6

Hj. Yoyoh Maliah, S.Pd.

Guru Bahasa Indonesia

S1/PNS

7

Elin Herliyani, S.Pd.

Guru Matmatika

S1/PNS

8

Dra. Hj. Ida Rosida

Guru Matematika

S1/PNS

9

Hj. Rd. Mami Rismayani, S.Pd.

Guru Matematika

S1/PNS

10

Wawan Setiawan, S.Pd.

Guru Matematika

S1/PNS

11

Siti Ida Farida, S.Pd.

Guru Matematika

S1/PNS

12

Dra. Tetet Ratniati

Guru Sejarah

S1/PNS

13

Dra. Dedeh Sukaesih

Guru Sejarah

S1/PNS

14

Tati Herawati, S.Pd.

Guru Sejarah

S1/PNS

15

Nina Napilah, S.Pd, M.M.

Guru Sejarah

S2/PNS

16

Neneng Sri Wahyuni, S.Pd.

Guru Bahasa Inggris

S1/PNS

17

Lilis Indriani, S.Pd.

Guru Bahasa Inggris

S1/PNS

18

Heri Sofaeri

Guru Bahasa Inggris

D3/PNS

19

Andrian Yusnandar, S.Pd.

Guru Bahasa Inggris

S1/PNS

20

Elis Komalasari, S.Pd.

Guru Seni Budaya

S1/PNS

21

Dra. Heni Suheryani

Guru Penjaskes

S1/PNS

22

Lani Resmiati, S.Pd.

Guru Bahasa Sunda

S1/PNS

23

Lilis Setiasih, S.Pd, M.Si.

Guru Biologi

S2/PNS

24

Melani Kurniasih, S.Pd.

Guru Biologi

S1/PNS

25

Rosy Martiana, S.Si, M.M.

Guru Biologi

S2/PNS

26

Susanto, S.Pd.

Guru Fisika

S1/PNS

27

Karya, S.Pd.

Guru Fisika

S1/PNS

28

Hermin Rukmini, S.Pd.

Guru Fisika

S1/PNS

29

Yeti Rusmiati, S.Pd, M.PFis.

Guru Fisika

S2/PNS

30

Hj. Diana, S.Pd.

Guru Kimia

S1/PNS

31

Tin Mulyawati, S.Pd.

Guru Kimia

S1/PNS

32

Jajang Sudrajat, M.Pd.

Guru Geografi

S2/PNS

33

Dra. Siti Yulia Roosita

Guru Ekonomi

S1/PNS

34

Wida Widiastuti, S.Pd, M.M.

Guru Ekonomi

S2/PNS

35

Dra. Karlina

Guru Bahasa Jepang

S1/PNS

36

Dra. Mini Sulasmini

Guru BK

S1/PNS

37

Titania Nurhayati

Guru BK

D3/PNS

38

Lina Dewi Fitriani, S.Pd

Guru BK

S1/PNS

39

Inayati, S.Pd.I.

Guru BK

S1/PNS

40

Nyiayu Fitriyanti Rozaliadewi, S.Pd

Guru BK

S1/PNS

41

Cecep Abdul Rosyid, S.Hum

Guru Pend. Agama Islam

S1/GTT

42

Bella Dini H. F., S.Pd.

Guru Pend. Agama Islam

S1/GTT

43

Linda Meylinda, S.Pd.

Guru PPKn

S1/GTT

44

Adinda Putri Utami, S.Pd.

Guru PPKn

S1/GTT

45

Ajeng Laila Firdausya, S.Pd.

Guru Bahasa Indonesia

S1/GTT

46

Jaelani, S.Pd.

Guru Bahasa Indonesia

S1/GTT

47

Febi Pebriani, S.Pd.

Guru Bahasa Indonesia

S1/GTT

48

Nurbayani, S.Pd.

Guru Matematika

S1/GTT

49

Sidik Fakhrudin, S.Pd

Guru Matematika

S1/GTT

50

Muhammad Hilmy Ramdhani, S.Pd.

Guru Matematika

S1/GTT

51

Rd. Ryan Haryadi, S.Pd., Gr.

Guru Sejarah

S1/GTT

52

Uus Usman, S.Pd, M.M.

Guru Seni Budaya

S2/GTT

53

Anggi Sugiharti, M.Pd.

Guru Seni Budaya

S2/GTT

54

Tedi Permadi, S.Pd.

Guru Penjaskes

S1/GTT

55

Khalid Mawardi, S.Pd.

Guru Penjaskes

S1/GTT

56

Miki Misbah Sulaeman, S.Pd.

Guru Penjaskes

S1/GTT

57

Riansyah, S.Pd.

Guru Penjaskes

S1/GTT

58

Bayu Pratamajati, S.ST.

Guru Prakarya

S1/GTT

59

Juniar Alisa, S.Pd.

Guru Prakarya

S1/GTT

60

Fani Luthfianti, S.Pd.

Guru Prakarya

S1/GTT

61

Robi Rizal, S.Pd.

Guru Bahasa Sunda

S1/GTT

62

Putri Purnama Dewi, S.Sn.

Guru Bahasa Sunda

S1/GTT

63

Anggia Pramithasari, S.Si.

Guru Biologi

S1/GTT

64

Nisa Fahliarahman, S.Pd.

Guru Kimia

S1/GTT

65

Wida Faridah, S.Pd.

Guru Geografi

S1/GTT

66

Jihan Marselina Buana, S.Pd.

Guru Geografi

S1/GTT

67

Rahayuni Tyas Pratiwi, S.Pd.

Guru Geografi

S1/GTT

68

Deden Hendrayana, S.Ag.

Guru Sosiologi

S1/GTT

69

Vetrisa Nurani, S.Pd.

Guru Sosiologi

S1/GTT

70

Mida Lathifatul Hamidah, S.Pd.

Guru Sosiologi

S1/GTT

71

Novan Noer Pratama, S.Pd.

Guru Ekonomi

S1/GTT

72

Ir. Heri Suherman, S.T.

Guru TIK

S1/GTT

73

Imam Wibawa, S.Pd.

Guru TIK

S1/GTT

74

Dra. Ria Herlina Gultom, S.ST.

Guru Pend. Agama Kristen

S1/PNS Non-Induk

 

 

Tabel 2.3

Data Tenaga Kependidikan

 

No.

Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan

Jabatan

Kualifikasi

1

H. Hasan Yusuf, SthI, MAP.

Kasubag TU

S2/PNS

2

H. Sabihin, S.Pd.

Bendahara

S1/PNS

3

Sri Haryati

Tenaga Administrasi

SMA/PNS

4

Dewi Utari, A.Md.

Tenaga Administrasi

D3/PNS

5

Asep Ismail

Tenaga Administrasi

SMK/PNS

6

Dede Sutisna, S.Sos.

Tenaga Administrasi

S1/Honorer

7

Mumuh, S.Pd.

Tenaga Perpustakaan

S1/Honorer

8

Adi Handarwanto, S.Sos.

Tenaga Administrasi

S1/Honorer

9

M. Fardhan Maulana, S.Sos.

Tenaga Administrasi

S1/Honorer

10

Kania Putri Rizkiyah, SE.

Tenaga Administrasi

S1/Honorer

11

Tissa Junita, SE.

Tenaga Administrasi

S1/Honorer

12

Rajif Nurrahman

Laboran

S1/Honorer

13

Yani Suryani

Tenaga Administrasi

SMA/Honorer

14

Yanto Rudiyanto

Tenaga Administrasi

SMA/Honorer

15

Vira

Tenaga Perpustakaan

SMA/Honorer

16

Edi Susanto, A.Md.

Tenaga Keamanan

D3/Honorer

17

Warya Dani Apriyana

Tenaga Keamanan

SMA/Honorer

18

Ari

Tenaga Keamanan

SMA/Honorer

19

Riki

Tenaga Keamanan

SMA/Honorer

20

Karyana

Caraka

SMA/Honorer

21

Dadi

Caraka

SMA/Honorer

22

Suhendri

Caraka

SMA/Honorer

23

Dani

Caraka

SMA/Honorer

24

Irwan Hadian

Caraka

SMA/Honorer

25

Hamdani

Caraka

SMA/Honorer

26

Imas Supriyati

Caraka

SMA/Honorer

 

 

Keadaan Pendidik

Keadaan pendidik sesuai dengan latar belakang mata pelajaran yang diampu dapat dilihat pada tabel 2.4 sebagai berikut :

 

Tabel 2.4

Data Keadaan Pendidik Per Mata Pelajaran

 

 

No.

 

Mata Pelajaran (MP)

Jml

Kesesuaian dengan latar belakang pendidikan

Keterangan tenaga rangkap mengajar MP

Sesuai

Tidak sesuai

1

Pend. Agama Islam

4

4

 

 

2

Pend. Agama Kristen

1

 

1

Bukan induk

3

P P K n

3

3

 

 

4

Bahasa Indonesia

5

5

 

 

5

Matematika

8

8

 

 

6

Sejarah

5

5

 

 

7

Bahasa Inggris

4

4

 

 

8

Seni Budaya

3

3

 

 

9

Penjasorkes

5

5

 

 

10

Prakarya dan Kewirausahaan

3

2

1

 

11

Bahasa Sunda

3

3

 

 

12

Biologi

4

4

 

 

13

Fisika

4

4

 

 

14

Kimia

3

3

 

 

15

Geografi

4

4

 

 

16

Sosiologi

3

3

 

 

17

Ekonomi

3

3

 

 

18

TIK

2

2

 

 

19

Bahasa Jepang

1

1

 

 

20

Bimbingan Konseling

5

5

 

 

 

Jumlah

73

71

2

 


B.     Keadaan Peserta Didik

1.     Jumlah Rombongan Belajar

Jumlah rombongan belajar (rombel) Peserta Didik Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat dilihat pada tabel 2.5 sebagai berikut:

 

Tabel 2.5

Jumlah Rombongan Belajar Tahun Pelajaran 2020/2021

 

No.

Kelas

Program

Jumlah ROMBEL

1.

X

MIPA

5

2.

X

IPS

7

3.

XI

MIPA

6

4.

XI

IPS

6

5.

XII

MIPA

7

6.

XII

IPS

5

Jumlah

36

 

 

2.     Jumlah Peserta Didik Tahun Pelajaran 2020/2021

Jumlah Peserta Didik pada Tahun Pelajaran 2020/2021 seluruhnya 1170 orang (Cut-off 31 Agustus 2020). Dengan penyebaran Jumlah Kelas secara merata menurut Jenis Kelamin, Prestasi dan Agama. Jumlah Peserta Didik Kelas X, XIdan XII dapat dilihat pada tabel 2.6, sebagai berikut:

 

Tabel 2.6

Jumlah Peserta Didik Tahun Pelajaran 2020/2021

 

Kelas

Jumlah

Jumlah

Laki-laki

Perempuan

X MIPA

79

100

179

X IPS

118

125

243

XI MIPA

107

109

216

XI IPS

94

102

196

XII MIPA

114

130

244

XII IPS

87

87

174

Jumlah

583

633

1252

 

 

3.     Beasiswa Peserta Didik Tahun 2016-2020

Jenis Bantuan atau Beasiswa untuk Peserta Didik yang diterima dari Pemerintah mulai Tahun 2016 dapat dilihat pada tabel 2.7 berikut ini:

 

Tabel 2.7

Beasiswa Peserta Didik Tahun 2016-2020

 

No.

Tahun

Jumlah Penerima Beasiswa

Sumber Beasiswa

L

P

Jumlah

1

2016/2017

5

2

7

TEL-U

2

2016/2017

72

121

193

PIP

3

2017/2018

6

24

30

PIP

4

2017/2018

2

6

8

PKH

5

2017/2018

31

45

76

PIP

6

2017/2018

23

41

64

PIP

7

2018/2019

59

91

150

PIP

8

2019/2020

42

47

89

PIP

 

 

4.     Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 25 Kota Bandung

Jumlah penerimaan Peserta Didik Baru untuk Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 422 orang dengan rincian menurut komposisi jalur masuk PPDB, yaitu: Jalur Zonasi Jarak 250 orang, Jalur Prestasi Nilai Rapot 81 orang, Jalur Prestasi Non-Akademis 20 orang, Jalur KETM 58 orang, Jalur Perpindahan Orangtua 4 orang, Jalur Tenaga Kesehatan 2 orang, dan Jalur Anak Guru 10 Orang.

Data Passing Grade dan Lulusan SMA Negeri 25 Kota Bandung, pada 5 tahun terakhir dapat dilihat pada tabel 2.8  berikut :

 

Tabel 2.8

Data Passing Grade 5 Tahun Terakhir

 

No.

Tahun Pelajaran

Nilai Tertinggi Pendaftar

Nilai Terendah Pendaftar

Nilai Terendah Yang Diterima

Keterangan Jalur Masuk

PPDB

1.

2015/2016

--

--

267,5 (Tahap 1)

320 (Tahap 2)

320 (Luar Kota)

--

2.

2016/2017

--

--

303 (DW)

298 (GW)

--

3.

2017/2018

367

291,5

291,5

--

4.

2018/2019

--

--

327,20 (Dalam Kota)

233,80 (Luar Daerah)

--

5.

 

2019/2020

 

1641,174 (Jarak)

324,5 (UN)

6269,848 (Jarak)

207,5 (UN)

6269,848 (Jarak)

207,5 (UN)

JALUR PERPINDAHAN ORANGTUA

 

 

342,5 (UN)

260,5 (UN)

264 (UN)

JALUR PRESTASI NHUN

 

 

122,5 (Skor Prestasi)

298,5 (UN)

55,5 (Skor Prestasi)

171 (UN)

116,5 (Skor Prestasi)

193,5 (UN)

JALUR PRESTASI NON NHUN

 

 

129,142 (Jarak)

343,5 (UN)

4992,448 (Jarak)

141,5 (UN)

1249,336 (Jarak)

141,5 (UN)

JALUR ZONASI JARAK

 

 

535,643 (Jarak)

289,5 (UN)

2691,225 (Jarak)

144,5 (UN)

2691,225 (Jarak)

144,5 (UN)

JALUR KETM

 

 

379,7 (Skor)

371 (UN)

271,8 (Skor)

219 (UN)

354,4 (Skor)

336,5 (UN)

JALUR ZONASI KOMBINASI

 

 

371 (UN)

141,5 (UN)

141,5 (UN)

 

6.

 

 

2020/2021

 

 

717,09 (Skor Prestasi Akademik)

93,5 (Rata2 Rapor)

533,36 (Skor Prestasi Akademik)

69,2 (Rata2 Rapor)

654,09 (Skor Prestasi Akademik)

82,8 (Rata2 Rapor)

JALUR PRESTASI AKADEMIK

 

 

660  (Skor Prestasi Kejuaraan)

93,0 (Rata2 Rapor)

300 (Skor Prestasi Kejuaraan)

68,2 (Rata2 Rapor)

340 (Skor Prestasi Kejuaraan)

71,2 (Rata2 Rapor)

JALUR PRESTASI KEJUARAAN

 

 

321,409 (Jarak)

89,0 (Rata2 Rapor)

26577,061 (Jarak)

70,3 (Rata2 Rapor)

26577,061 (Jarak)

70,3 (Rata2 Rapor)

JALUR KETM

 

 

135,858 (Jarak)

88,14 (Rata2 Rapor)

9347,896 (Jarak)

76,66(Rata2 Rapor)

3534,736 (Jarak)

76,66 (Rata2 Rapor)

JALUR ANAK GURU

 

 

1749,655 (Jarak)

83,8 (Rata2 Rapor)

792273,701 (Jarak)

81,0 (Rata2 Rapor)

792273,701 (Jarak)

81,0 (Rata2 Rapor)

JALUR PERPINDAHAN ORANGTUA

 

 

80,9 (Rata2 Rapor)

80,9 (Rata2 Rapor)

80,9 (Rata2 Rapor)

JALUR TENAGA KESEHATAN

 

 

112,325 (Jarak)

6811,806 Jarak

1047,232 (Jarak)

JALUR ZONASI JARAK

 

 Sedangkan data lulusan SMA Negeri 25 Kota Bandung, dilihat dari hasil Ujian Nasional pada 5 tahun terakhir dapat dilihat 2.9 berikut :

 Tabel 2.9

Data Lulusan Peserta Didik 5 Tahun Terakhir

 

No.

Tahun Pelajaran

Tamatan (%)

Rata-rata Hasil UN

Diterima di PTN/S

Jml

Target

Hasil

Target (%)

1.

2015/2016

369

100

57,26

100

80 %

2.

2016/2017

373

100

60,50

100

80 %

3.

2017/2018

553

100

64,19

100

85 %

4.

2018/2019

403

100

62,51

100

82 %

5.

2019/2020

340

100

-

100

83    

 

 

C.     Keadaan Orang Tua Peserta Didik

Data keadaan Orang Tua Peserta Didik berdasarkan Penghasilan yang diperoleh dari data isian Peserta Didik Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat dilihat pada tabel 2.10 sebagai berikut:

 

Tabel 2.10

Data Penghasilan Orang Tua Peserta Didik

 

No.

Penghasilan

Jumlah

Prosentase (%)

1.

Kurang dari Rp. 500,000

26

2,07

2.

Rp. 500,000 – Rp. 999,999

162

12,92

3.

Rp. 1,000,000 – Rp. 1,999,999

197

15,72

4.

Rp. 2,000,000 – Rp. 4,999,999

583

46,52

5.

Rp. 5.000.000

177

14,12

6.

Lainnya

108

8,61

Jumlah

1253

 



B.     Strategi SMA Negeri 25 Kota Bandung

Strategi  SMA Negeri 25 Kota Bandung untuk mencapai tujuan seperti diuraikan pada bagian Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah di atas adalah melalui:

1.     Program Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, antara lain dengan cara:

a.     menjalin kerja sama dengan komite sekolah dan para Stakeholder;

b.     melaksanakan workshop pemetaan/analisis KI, KD, dan penentuan Indikator;

c.     melaksanakan workshop penyusunan silabus dan RPP; dan

d.     melaksanakan workshop pembuatan Modul pembelajaran.

2.     Peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan, sehingga tercipta warga sekolah yang shaleh dan lingkungan yang religius, dengan cara:

a.     mengoptimalkan proses pembelajaran pendidikan agama;

b.     mengintegrasikan imtaq dalam kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler;

c.     membaca ayat suci sebelum jam pelajaran pertama;

d.     melaksanakan kegiatan Literasi setelah membaca Alquran;

e.     menanamkan pola pikir dan pola tindak yang positif dan konstruktif, santun bertutur dan sopan bertindak;

f.      menanamkan kesadaran tentang hak dan kewajiban;

g.     menyelenggarakan shalat jum’at di sekolah;

h.     melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di sekolah;

i.      menyelenggarakan peringatan hari besar keagamaan.

3.     Program Pengembangan Proses Pembelajaran dengan cara melaksanakan:

a.     workshop model-model pembelajaran;

b.     pengembangan pembelajaran kontekstual;

c.     pengembangan kelompok belajar siswa dengan tutor sebaya;

d.     supervisi klinis intra dan antar Mata Pelajaran;

e.     IHT sesuai kebutuhan untuk peningkatan kualitas pendidik; dan

f.      pembinaan OSN/O2SN.

4.     Program Pengembangan Media Pembelajaran melalui:

a.     pengadaan/perawatan alat dan bahan penunjang pembelajaran dikelas (DVD, Tape, Lap Top, LCD);

b.     pengadaan media pembelajaran;

c.     pengadaan alat multi media disemua kelas;

d.     pengadaan komputer dengan akses internet di perpustakaan dan tempat-tempat strategis;

e.     pengadaan Lab. Bahasa;

f.      optimalisasi Lab. IPA (Fisika, Kimia dan Biologi) + TIK/IPS; dan

g.     optimalisasi Perpustakaan.

5.     Melaksanakan Program Implementasi Pendidikan Karakter Abad 21 Yaitu:

a.     Karakter moral

-      Para siswa muslim dapat khatam Al Quran

-      Pembiasaan siswa laki-laki menjadi imam salat dzuhur dan memimpin do’a

-      Mampu melaksanakan salat jenazah dengan benar

b.     Karakter Kinerja

-      Berprestasi Akademik (Nilai Raport baik masuk peringkat 10 besar)

-      Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik melalui TOEFL

c.     Kompetensi kritis dan kreativitas

-   Membuat Karya tulis

d.     Kompetensi kolaborasi dan komunikasi

-      Aktif dalam kepengurusan OSIS, MPK, Ekskul

-      Berprestasi Non Akademik

e.     Literasi

-      Resume/bedah buku

6.     Program Pengembangan pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan melaksanakan:

a.     IHT Pengembangan Bahan Ajar Berbasis IT;

b.     pengembangan kegiatan MGMP;

c.     pengembangan penelitian tindakan kelas;

d.     pelatihan bahasa Inggris untuk tenaga pendidik dan kependidikan; dan

e.     pelatihan komputer dan e-learning.

f.      peningkatkan kompetensi semua personal melalui pendidikan formal maupun latihan pengembangan profesi;

g.     pembangunan komitmen untuk meningkatkan kinerja;

h.     penciptaan iklim kerja yang kondusif;

i.      studi banding ke sekolah yang berprestasi nasional;

7.     Program Pengembangan Manajemen melalui:

a.     penerapan model manajemen berbasis sekolah secara penuh;

b.     pengembangan pola manajemen berbasis ICT (SIM);

c.     kerjasama dengan sekolah/instansi lain yang terkait dengan program sekolah dalam wujud MoU;

d.     kerjasama dengan perguruan tinggi, dunia usaha, dan alumni untuk
pengembangan program sekolah; dan

e.     pengembangan fungsi partisipasi komite sekolah.

8.     Peningkatan kualitas kedisiplinan dan ketertiban peserta didik dengan:

a.     terus menanamkan kesadaran disiplin dan ketertiban semua warga sekolah;

b.     menyelenggarakan upacara bendera pada hari senin, setiap minggu;

c.     terus membangun kedisiplinan dan ketertiban peserta didik melalui pembinaan oleh wali kelas pada hari senin, setiap dua minggu sekali;

d.     mengoptimalkan kerja petugas piket dalam menertibkan dan mendisiplinkan peserta didik.

9.     Peningkatan kualitas sekolah, dengan:

a.     membangun kerjasama antarpersonal yang sinergis, harmonis dan dinamis;

b.     meningkatkan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat sekolah;

c.     membangun budaya pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAIKEM);

d.     mengembangkan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT);

e.     memberikan pelayanan khusus kepada peserta didik yang memiliki bakat dan kecakapan khusus/tinggi;

f.      meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik;

g.     membentuk kelompok belajar peserta didik pencinta mata pelajaran;

h.     mengikutsertakan peserta didik dalam olimpiade  dan lomba bidang akademis lainnya;

i.      mempersiapkan peserta didik sebagai bagian dari anggota masyarakat yang mandiri dan berguna.

10.   Pelengkapan sarana/prasarana sekolah sebagai daya dukung peningkatan mutu pendidikan, dengan:

a.     melengkapi peralatan laboratorium Kimia, Biologi, dan Fisika sesuai standar sarana prasarana;

b.     menambah perangkat komputer di laboratorium Komputer yang memadai;

c.     meningkatkan fungsi perpustakaan;

d.     melengkapi sarana dan prasarana pendidikan guna menunjang terlaksananya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

11.   Membangun kesadaran di lingkungan sekolah akan pentingnya kebersihan, kesehatan dan keindahan, dengan:

a.     membudayakan sekolah yang bersih, sehat, indah dan aman.

b.     membiasakan warga sekolah membuang sampah pada tempatnya dan menyediakan tempat sampah organik dan anorganik;

c.     meningkatkan kinerja tenaga kebersihan (caraka);

d.     menetapkan sekolah sebagai kawasan tanpa asap rokok;

e.     petugas kantin sekolah menjaga kebersihan, kesehatan dan keindahan lingkungan kantin;

f.      membiasakan warga sekolah untuk memelihara lingkungan sekolah.

g.     menata dan memelihara taman sekolah secara rutin;

h.     meningkatkan kinerja tenaga keamanan (security).

 

 

12.   Program Pengembangan Standar Pembiayaan dengan cara:

a.     menjalin kerja sama dengan komite sekolah dan stakeholder untuk menggali sumber pendanaan dari masyarakat yang memungkinkan sekaligus monitoring penggunaan dana yang bersumber dari APBN/APBD;

b.     melakukan kerjasama dengan dunia usaha/industri;

c.     melakukan kegiatan yang menghasilkan keuntungan ekonomi (kewirausahaan); dan

d.     mengoptimasikan penggunaan bantuan yang diberikan dari pusat dan daerah.

13.   Program Pengembangan Penilaian melalui:

a.     pengembangan perangkat penilaian harian sesuai Permendikbud No. 04 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar;

b.     pengembangan bentuk uji kompetensi;

c.     pengembangan model dan acuan penilaian; dan

d.     pelaksanaan evaluasi (ulangan harian, program remedial, pengayaan, dan penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah) yang sesuai Permendikbud No. 04 Tahun 2018.

14.   Program Pengembangan Diri melalui:

a.     optimalisasi BK dalam pengembangan diri;

b.     optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler;

c.     implementasi kegiatan Career Day dan kegiatan kewirausahaan; dan

d.     pembentukan Tim Unggulan Mata Pelajaran.

15.   Hasil Yang Diharapkan:

a.     Terlaksananya program-program dalam upaya pengembangan SKL dengan
Standar Nasional.

b.     Terlaksananya program-program dalam peningkatan prestasi akademik dan non akademik Siswa dengan minimal mendapat satu perestasi kejuaraan di tingkat provinsi.

c.     Terealisasinya perangkat kurikulum yang lengkap, dan berwawasan kedepan.

d.     Terealisasinya penyelenggaraan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan.

e.     Terpenuhinya kebutuhan SDM di sekolah yang sesuai dengan kebutuhan sekolah (mempunyai kemampuan bahasa inggris, kemampuan mengopersikan komputer dan internet, kemampuan menggunakan ICT dalam pembelajaran).

f.      Terpenuhinya fasilitas sarana dan prasarana untuk pembelajaran/ sekolah dan manajemen sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah.

g.     Diimplementasikan model manajemen berbasis sekolah secara penuh.

h.     Tersusunnya program kerja dalam upaya sebagai pedoman kegiatan sekolah.

 

K)     Sasaran Sekolah

Berdasarkan uraian di atas, maka SMA Negeri 25 Bandung, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan, memiliki keinginan dan upaya yang kuat untuk melakukan berbagai pengembangan. Pengembangan tersebut antara lain:

a.     Pengembangan pada Standar Kompetensi Lulusan

b.     Pengembangan pada Standar Isi

c.     Pengembangan pada Standar Proses Pendidikan

d.     Pengembangan pada Standar Penilaian

e.     Pengembangan pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

f.      Pengembangan pada Standar Prasarana dan Sarana Pendidikan

g.     Pengembangan pada Standar Pengelolaan

h.     Pengembangan pada Standar Pembiayaan Pendidikan

Bagikan Berita Ini

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan atau saran mengenai Website SMAN 25 Bandung