DATA SEKOLAH
a. Nama Sekolah : SMA
Negeri 25 Kota Bandung
b. Alamat Sekolah : Jl. Baturaden
VIII No. 21 Ciwastra
c. Kelurahan : Mekarjaya
d. Kecamatan : Rancasari
e. Kota : Kota Bandung
f.
Provinsi :
Jawa Barat
g. Kode Pos : 40292
h. Telepon : 022-7560119
i. Website :
www.sman25bdg.sch.id
j.
e-mail :
sman25bandung@sman25bandung.sch.id
k. NSS : 30.1.02.60.25.134
l.
NPSN : 20219247
2) Kepala Sekolah
a. Nama Lengkap : Hj.
Siti Nurmala, S.Pd., M.M.Pd
b. N I P : 19650626 198703 2 002
c. Pendidikan Terakhir : S-2
d. Golongan / Pangkat : IV.c / Pembina Utama Muda
e. No. Telepon / Ponsel : 0815-4696-4244
3) Komite Sekolah
a. Drs. Agusdian
Martdian
b. Drs. Khairil Anwar
c. Dede Sunarya, S.Sos.
4) Tim Penjaminan Mutu Pendidikan
Sekolah
a. Penasihat : Drs. H. Ujang Sutiana, M.M.Pd.
b. Penanggung Jawab : Hj.
Siti Nurmala, S.Pd., M.M.Pd
c. Ketua : Andrian Yusnandar, S.Pd.
d. Sekretaris : H. Hasan Yusuf, SThI, MAP.
e. Anggota :
1) Drs.
Agusdian Martdian
2) Dra.
Mini Sulasmini
3) Siti
Ida Farida, S.Pd.
4) Yeti
Rusmiati, S.Pd., M.PFis.
5) Asep Ismail
5) Wakil Kepala Sekolah
a) Bidang Kurikulum : Jajang Sudrajat, M.Pd.
b) Bidang Kesiswaan : Iwan Ridwan, S.Ag., S.Pd.I, M.Pd.
c) Bidang Sarpras : Melani Kurniasih, S.Pd.
d) Bidang Humas : Nina Napilah, S.Pd., M.M.
Keadaan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
Jumlah seluruh Personal Sekolah sebanyak 98 orang
terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah, 73 orang Pendidik (39 orang PNS, 1 orang PNS Non
Induk dan 33 orang GTT), 24 orang Tenaga Administrasi Sekolah (4 orang PNS dan 21
orang Honorer). Tenaga Administrasi
Sekolah terdiri dari 11 orang Karyawan Administrasi Sekolah, 2 orang tenaga
Perpustakaan, 1 orang laboran, 4 orang Satpam dan 6 orang Caraka/Pesuruh. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA Negeri 25
Kota Bandung Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat dilihat pada
tabel 2.2 sebagai berikut:
Data Pendidik
No. |
Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan |
Jabatan |
Kualifikasi |
1 |
Hj. Siti Nurmala, S.Pd., M.M.Pd. |
Kepala sekolah |
S2/PNS |
2 |
Drs. Badrudin |
Guru Pend. Agama Islam |
S1/PNS |
3 |
Iwan Ridwan, S.Ag, S.Pd.I, M.Pd |
Guru Pend. Agama Islam |
S2/PNS |
4 |
DR. Yatti Rosmiati |
Guru PPKn |
S3/PNS |
5 |
Dra. Etih Hertika |
Guru Bahasa Indonesia |
S1/PNS |
6 |
Hj. Yoyoh Maliah, S.Pd. |
Guru Bahasa Indonesia |
S1/PNS |
7 |
Elin Herliyani, S.Pd. |
Guru Matmatika |
S1/PNS |
8 |
Dra. Hj. Ida Rosida |
Guru Matematika |
S1/PNS |
9 |
Hj. Rd. Mami Rismayani, S.Pd. |
Guru Matematika |
S1/PNS |
10 |
Wawan Setiawan, S.Pd. |
Guru Matematika |
S1/PNS |
11 |
Siti Ida Farida, S.Pd. |
Guru Matematika |
S1/PNS |
12 |
Dra. Tetet Ratniati |
Guru Sejarah |
S1/PNS |
13 |
Dra. Dedeh Sukaesih |
Guru Sejarah |
S1/PNS |
14 |
Tati Herawati, S.Pd. |
Guru Sejarah |
S1/PNS |
15 |
Nina Napilah, S.Pd, M.M. |
Guru Sejarah |
S2/PNS |
16 |
Neneng Sri Wahyuni, S.Pd. |
Guru Bahasa Inggris |
S1/PNS |
17 |
Lilis Indriani, S.Pd. |
Guru Bahasa Inggris |
S1/PNS |
18 |
Heri Sofaeri |
Guru Bahasa Inggris |
D3/PNS |
19 |
Andrian Yusnandar, S.Pd. |
Guru Bahasa Inggris |
S1/PNS |
20 |
Elis Komalasari, S.Pd. |
Guru Seni Budaya |
S1/PNS |
21 |
Dra. Heni Suheryani |
Guru Penjaskes |
S1/PNS |
22 |
Lani Resmiati, S.Pd. |
Guru Bahasa Sunda |
S1/PNS |
23 |
Lilis Setiasih, S.Pd, M.Si. |
Guru Biologi |
S2/PNS |
24 |
Melani Kurniasih, S.Pd. |
Guru Biologi |
S1/PNS |
25 |
Rosy Martiana, S.Si, M.M. |
Guru Biologi |
S2/PNS |
26 |
Susanto, S.Pd. |
Guru Fisika |
S1/PNS |
27 |
Karya, S.Pd. |
Guru Fisika |
S1/PNS |
28 |
Hermin Rukmini, S.Pd. |
Guru Fisika |
S1/PNS |
29 |
Yeti Rusmiati, S.Pd, M.PFis. |
Guru Fisika |
S2/PNS |
30 |
Hj. Diana, S.Pd. |
Guru Kimia |
S1/PNS |
31 |
Tin Mulyawati, S.Pd. |
Guru Kimia |
S1/PNS |
32 |
Jajang Sudrajat, M.Pd. |
Guru Geografi |
S2/PNS |
33 |
Dra. Siti Yulia Roosita |
Guru Ekonomi |
S1/PNS |
34 |
Wida Widiastuti, S.Pd, M.M. |
Guru Ekonomi |
S2/PNS |
35 |
Dra. Karlina |
Guru Bahasa Jepang |
S1/PNS |
36 |
Dra. Mini Sulasmini |
Guru BK |
S1/PNS |
37 |
Titania Nurhayati |
Guru BK |
D3/PNS |
38 |
Lina Dewi Fitriani, S.Pd |
Guru BK |
S1/PNS |
39 |
Inayati, S.Pd.I. |
Guru BK |
S1/PNS |
40 |
Nyiayu Fitriyanti Rozaliadewi, S.Pd |
Guru BK |
S1/PNS |
41 |
Cecep Abdul Rosyid, S.Hum |
Guru Pend. Agama Islam |
S1/GTT |
42 |
Bella Dini H. F., S.Pd. |
Guru Pend. Agama Islam |
S1/GTT |
43 |
Linda Meylinda, S.Pd. |
Guru PPKn |
S1/GTT |
44 |
Adinda Putri Utami, S.Pd. |
Guru PPKn |
S1/GTT |
45 |
Ajeng Laila Firdausya, S.Pd. |
Guru Bahasa Indonesia |
S1/GTT |
46 |
Jaelani, S.Pd. |
Guru Bahasa Indonesia |
S1/GTT |
47 |
Febi Pebriani, S.Pd. |
Guru Bahasa Indonesia |
S1/GTT |
48 |
Nurbayani, S.Pd. |
Guru Matematika |
S1/GTT |
49 |
Sidik Fakhrudin, S.Pd |
Guru Matematika |
S1/GTT |
50 |
Muhammad Hilmy Ramdhani, S.Pd. |
Guru Matematika |
S1/GTT |
51 |
Rd. Ryan Haryadi, S.Pd., Gr. |
Guru Sejarah |
S1/GTT |
52 |
Uus Usman, S.Pd, M.M. |
Guru Seni Budaya |
S2/GTT |
53 |
Anggi Sugiharti, M.Pd. |
Guru Seni Budaya |
S2/GTT |
54 |
Tedi Permadi, S.Pd. |
Guru Penjaskes |
S1/GTT |
55 |
Khalid Mawardi, S.Pd. |
Guru Penjaskes |
S1/GTT |
56 |
Miki Misbah Sulaeman, S.Pd. |
Guru Penjaskes |
S1/GTT |
57 |
Riansyah, S.Pd. |
Guru Penjaskes |
S1/GTT |
58 |
Bayu Pratamajati, S.ST. |
Guru Prakarya |
S1/GTT |
59 |
Juniar Alisa, S.Pd. |
Guru Prakarya |
S1/GTT |
60 |
Fani Luthfianti, S.Pd. |
Guru Prakarya |
S1/GTT |
61 |
Robi Rizal, S.Pd. |
Guru Bahasa Sunda |
S1/GTT |
62 |
Putri Purnama Dewi, S.Sn. |
Guru Bahasa Sunda |
S1/GTT |
63 |
Anggia Pramithasari, S.Si. |
Guru Biologi |
S1/GTT |
64 |
Nisa Fahliarahman, S.Pd. |
Guru Kimia |
S1/GTT |
65 |
Wida Faridah, S.Pd. |
Guru Geografi |
S1/GTT |
66 |
Jihan Marselina Buana, S.Pd. |
Guru Geografi |
S1/GTT |
67 |
Rahayuni Tyas Pratiwi, S.Pd. |
Guru Geografi |
S1/GTT |
68 |
Deden Hendrayana, S.Ag. |
Guru Sosiologi |
S1/GTT |
69 |
Vetrisa Nurani, S.Pd. |
Guru Sosiologi |
S1/GTT |
70 |
Mida Lathifatul Hamidah, S.Pd. |
Guru Sosiologi |
S1/GTT |
71 |
Novan Noer Pratama, S.Pd. |
Guru Ekonomi |
S1/GTT |
72 |
Ir. Heri Suherman, S.T. |
Guru TIK |
S1/GTT |
73 |
Imam Wibawa, S.Pd. |
Guru TIK |
S1/GTT |
74 |
Dra. Ria Herlina Gultom, S.ST. |
Guru Pend. Agama
Kristen |
S1/PNS Non-Induk |
Tabel 2.3
Data
Tenaga Kependidikan
No. |
Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan |
Jabatan |
Kualifikasi |
1 |
H. Hasan Yusuf, SthI, MAP. |
Kasubag TU |
S2/PNS |
2 |
H. Sabihin, S.Pd. |
Bendahara |
S1/PNS |
3 |
Sri Haryati |
Tenaga Administrasi |
SMA/PNS |
4 |
Dewi Utari, A.Md. |
Tenaga Administrasi |
D3/PNS |
5 |
Asep Ismail |
Tenaga Administrasi |
SMK/PNS |
6 |
Dede Sutisna, S.Sos. |
Tenaga Administrasi |
S1/Honorer |
7 |
Mumuh, S.Pd. |
Tenaga Perpustakaan |
S1/Honorer |
8 |
Adi Handarwanto, S.Sos. |
Tenaga Administrasi |
S1/Honorer |
9 |
M. Fardhan Maulana, S.Sos. |
Tenaga Administrasi |
S1/Honorer |
10 |
Kania Putri Rizkiyah, SE. |
Tenaga Administrasi |
S1/Honorer |
11 |
Tissa Junita, SE. |
Tenaga Administrasi |
S1/Honorer |
12 |
Rajif Nurrahman |
Laboran |
S1/Honorer |
13 |
Yani Suryani |
Tenaga Administrasi |
SMA/Honorer |
14 |
Yanto Rudiyanto |
Tenaga Administrasi |
SMA/Honorer |
15 |
Vira |
Tenaga Perpustakaan |
SMA/Honorer |
16 |
Edi Susanto, A.Md. |
Tenaga Keamanan |
D3/Honorer |
17 |
Warya Dani Apriyana |
Tenaga Keamanan |
SMA/Honorer |
18 |
Ari |
Tenaga Keamanan |
SMA/Honorer |
19 |
Riki |
Tenaga Keamanan |
SMA/Honorer |
20 |
Karyana |
Caraka |
SMA/Honorer |
21 |
Dadi |
Caraka |
SMA/Honorer |
22 |
Suhendri |
Caraka |
SMA/Honorer |
23 |
Dani |
Caraka |
SMA/Honorer |
24 |
Irwan Hadian |
Caraka |
SMA/Honorer |
25 |
Hamdani |
Caraka |
SMA/Honorer |
26 |
Imas Supriyati |
Caraka |
SMA/Honorer |
Keadaan Pendidik
Keadaan pendidik sesuai
dengan latar belakang mata pelajaran yang diampu dapat dilihat pada tabel 2.4
sebagai berikut :
Data Keadaan
Pendidik Per Mata Pelajaran
No.
|
Mata
Pelajaran (MP) |
Jml |
Kesesuaian dengan latar belakang pendidikan |
Keterangan tenaga rangkap mengajar MP |
|
Sesuai |
Tidak
sesuai |
||||
1 |
Pend. Agama Islam |
4 |
4 |
|
|
2 |
Pend.
Agama Kristen |
1 |
|
1 |
Bukan induk |
3 |
P P
K n |
3 |
3 |
|
|
4 |
Bahasa Indonesia |
5 |
5 |
|
|
5 |
Matematika |
8 |
8 |
|
|
6 |
Sejarah |
5 |
5 |
|
|
7 |
Bahasa Inggris |
4 |
4 |
|
|
8 |
Seni
Budaya |
3 |
3 |
|
|
9 |
Penjasorkes |
5 |
5 |
|
|
10 |
Prakarya dan Kewirausahaan |
3 |
2 |
1 |
|
11 |
Bahasa Sunda |
3 |
3 |
|
|
12 |
Biologi |
4 |
4 |
|
|
13 |
Fisika |
4 |
4 |
|
|
14 |
Kimia |
3 |
3 |
|
|
15 |
Geografi |
4 |
4 |
|
|
16 |
Sosiologi |
3 |
3 |
|
|
17 |
Ekonomi |
3 |
3 |
|
|
18 |
TIK |
2 |
2 |
|
|
19 |
Bahasa Jepang |
1 |
1 |
|
|
20 |
Bimbingan
Konseling |
5 |
5 |
|
|
|
Jumlah |
73 |
71 |
2 |
|
B. Keadaan
Peserta Didik
1.
Jumlah Rombongan Belajar
Jumlah rombongan belajar (rombel) Peserta Didik Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat dilihat pada tabel 2.5 sebagai berikut:
Jumlah
Rombongan Belajar Tahun Pelajaran 2020/2021
No. |
Kelas |
Program |
Jumlah ROMBEL |
1. |
X |
MIPA |
5 |
2. |
X |
IPS |
7 |
3. |
XI |
MIPA |
6 |
4. |
XI |
IPS |
6 |
5. |
XII |
MIPA |
7 |
6. |
XII |
IPS |
5 |
Jumlah |
36 |
2. Jumlah Peserta Didik
Tahun Pelajaran 2020/2021
Jumlah Peserta Didik pada Tahun Pelajaran 2020/2021 seluruhnya 1170 orang (Cut-off 31 Agustus 2020). Dengan
penyebaran Jumlah
Kelas secara merata menurut Jenis Kelamin, Prestasi dan Agama. Jumlah Peserta Didik Kelas X, XIdan XII dapat dilihat
pada tabel 2.6, sebagai berikut:
Jumlah
Peserta Didik Tahun Pelajaran 2020/2021
Kelas |
Jumlah |
Jumlah |
|
Laki-laki |
Perempuan |
||
X MIPA |
79 |
100 |
179 |
X IPS |
118 |
125 |
243 |
XI MIPA |
107 |
109 |
216 |
XI IPS |
94 |
102 |
196 |
XII MIPA |
114 |
130 |
244 |
XII IPS |
87 |
87 |
174 |
Jumlah |
583 |
633 |
1252 |
3. Beasiswa Peserta Didik Tahun 2016-2020
Jenis Bantuan atau Beasiswa untuk Peserta Didik yang diterima dari
Pemerintah mulai Tahun 2016 dapat dilihat pada tabel 2.7 berikut ini:
Beasiswa Peserta Didik Tahun 2016-2020
No. |
Tahun |
Jumlah Penerima
Beasiswa |
Sumber Beasiswa |
|||
L |
P |
Jumlah |
||||
1 |
2016/2017 |
5 |
2 |
7 |
TEL-U |
|
2 |
2016/2017 |
72 |
121 |
193 |
PIP |
|
3 |
2017/2018 |
6 |
24 |
30 |
PIP |
|
4 |
2017/2018 |
2 |
6 |
8 |
PKH |
|
5 |
2017/2018 |
31 |
45 |
76 |
PIP |
|
6 |
2017/2018 |
23 |
41 |
64 |
PIP |
|
7 |
2018/2019 |
59 |
91 |
150 |
PIP |
|
8 |
2019/2020 |
42 |
47 |
89 |
PIP |
4.
Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 25 Kota Bandung
Jumlah penerimaan Peserta Didik Baru untuk Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 422 orang dengan rincian menurut komposisi jalur
masuk PPDB, yaitu: Jalur Zonasi Jarak 250 orang, Jalur Prestasi Nilai Rapot 81
orang, Jalur Prestasi Non-Akademis 20 orang, Jalur KETM 58 orang, Jalur
Perpindahan Orangtua 4 orang, Jalur Tenaga Kesehatan 2 orang, dan Jalur Anak
Guru 10 Orang.
Data Passing Grade dan
Lulusan SMA Negeri 25 Kota Bandung, pada 5 tahun terakhir dapat dilihat
pada tabel 2.8 berikut :
Data Passing Grade 5
Tahun Terakhir
No. |
Tahun Pelajaran |
Nilai Tertinggi Pendaftar |
Nilai Terendah Pendaftar |
Nilai Terendah Yang Diterima |
Keterangan Jalur Masuk PPDB |
1. |
2015/2016 |
-- |
-- |
267,5 (Tahap 1) 320 (Tahap 2) 320 (Luar Kota) |
-- |
2. |
2016/2017 |
-- |
-- |
303 (DW) 298 (GW) |
-- |
3. |
2017/2018 |
367 |
291,5 |
291,5 |
-- |
4. |
2018/2019 |
-- |
-- |
327,20 (Dalam Kota) 233,80 (Luar Daerah) |
-- |
5.
|
2019/2020
|
1641,174 (Jarak) 324,5 (UN) |
6269,848 (Jarak) 207,5 (UN) |
6269,848 (Jarak) 207,5 (UN) |
JALUR PERPINDAHAN ORANGTUA |
|
|
342,5 (UN) |
260,5 (UN) |
264 (UN) |
JALUR PRESTASI NHUN |
|
|
122,5 (Skor Prestasi) 298,5 (UN) |
55,5 (Skor Prestasi) 171 (UN) |
116,5 (Skor Prestasi) 193,5 (UN) |
JALUR PRESTASI NON NHUN |
|
|
129,142 (Jarak) 343,5 (UN) |
4992,448 (Jarak) 141,5 (UN) |
1249,336 (Jarak) 141,5 (UN) |
JALUR ZONASI JARAK |
|
|
535,643 (Jarak) 289,5 (UN) |
2691,225 (Jarak) 144,5 (UN) |
2691,225 (Jarak) 144,5 (UN) |
JALUR KETM |
|
|
379,7 (Skor) 371 (UN) |
271,8 (Skor) 219 (UN) |
354,4 (Skor) 336,5 (UN) |
JALUR ZONASI KOMBINASI |
|
|
371 (UN) |
141,5 (UN) |
141,5 (UN) |
|
6.
|
2020/2021
|
717,09 (Skor Prestasi Akademik) 93,5 (Rata2 Rapor) |
533,36 (Skor Prestasi Akademik) 69,2 (Rata2 Rapor) |
654,09 (Skor Prestasi Akademik) 82,8 (Rata2 Rapor) |
JALUR PRESTASI AKADEMIK |
|
|
660 (Skor Prestasi Kejuaraan) 93,0 (Rata2 Rapor) |
300 (Skor Prestasi Kejuaraan) 68,2 (Rata2 Rapor) |
340 (Skor Prestasi Kejuaraan) 71,2 (Rata2 Rapor) |
JALUR PRESTASI KEJUARAAN |
|
|
321,409 (Jarak) 89,0 (Rata2 Rapor) |
26577,061 (Jarak) 70,3 (Rata2 Rapor) |
26577,061 (Jarak) 70,3 (Rata2 Rapor) |
JALUR KETM |
|
|
135,858 (Jarak) 88,14 (Rata2 Rapor) |
9347,896 (Jarak) 76,66(Rata2 Rapor) |
3534,736 (Jarak) 76,66 (Rata2 Rapor) |
JALUR ANAK GURU |
|
|
1749,655 (Jarak) 83,8 (Rata2 Rapor) |
792273,701 (Jarak) 81,0 (Rata2 Rapor) |
792273,701 (Jarak) 81,0 (Rata2 Rapor) |
JALUR PERPINDAHAN ORANGTUA |
|
|
80,9 (Rata2 Rapor) |
80,9 (Rata2 Rapor) |
80,9 (Rata2 Rapor) |
JALUR TENAGA KESEHATAN |
|
|
112,325 (Jarak) |
6811,806 Jarak |
1047,232 (Jarak) |
JALUR ZONASI JARAK |
Sedangkan data lulusan SMA Negeri 25 Kota Bandung, dilihat dari hasil Ujian Nasional pada 5 tahun terakhir dapat dilihat 2.9 berikut :
Tabel 2.9
Data Lulusan Peserta
Didik 5 Tahun Terakhir
No. |
Tahun Pelajaran |
Tamatan (%) |
Rata-rata Hasil UN |
Diterima di PTN/S |
||
Jml |
Target |
Hasil |
Target (%) |
|||
1. |
2015/2016 |
369 |
100 |
57,26 |
100 |
80 % |
2. |
2016/2017 |
373 |
100 |
60,50 |
100 |
80 % |
3. |
2017/2018 |
553 |
100 |
64,19 |
100 |
85 % |
4. |
2018/2019 |
403 |
100 |
62,51 |
100 |
82 % |
5. |
2019/2020 |
340 |
100 |
- |
100 |
83 |
C. Keadaan Orang Tua Peserta Didik
Data keadaan Orang Tua Peserta Didik berdasarkan Penghasilan yang
diperoleh dari data isian Peserta Didik Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat dilihat pada
tabel 2.10 sebagai berikut:
Tabel 2.10
Data Penghasilan Orang Tua
Peserta Didik
No. |
Penghasilan |
Jumlah |
Prosentase
(%) |
1. |
Kurang dari Rp.
500,000 |
26 |
2,07 |
2. |
Rp. 500,000 – Rp.
999,999 |
162 |
12,92 |
3. |
Rp. 1,000,000 –
Rp. 1,999,999 |
197 |
15,72 |
4. |
Rp. 2,000,000 –
Rp. 4,999,999 |
583 |
46,52 |
5. |
Rp. 5.000.000 |
177 |
14,12 |
6. |
Lainnya |
108 |
8,61 |
Jumlah |
1253 |
|
Strategi SMA
Negeri 25 Kota Bandung untuk mencapai tujuan
seperti diuraikan pada bagian Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah di atas adalah
melalui:
1. Program Pengembangan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan, antara lain dengan cara:
a.
menjalin kerja sama dengan komite sekolah dan para Stakeholder;
b.
melaksanakan workshop pemetaan/analisis KI, KD, dan penentuan
Indikator;
c.
melaksanakan workshop penyusunan silabus dan RPP; dan
d. melaksanakan
workshop pembuatan Modul pembelajaran.
2. Peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan, sehingga
tercipta warga sekolah yang shaleh dan lingkungan yang religius, dengan cara:
a. mengoptimalkan proses pembelajaran pendidikan
agama;
b. mengintegrasikan imtaq
dalam kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler;
c. membaca ayat suci sebelum jam pelajaran pertama;
d. melaksanakan kegiatan Literasi setelah
membaca Alquran;
e. menanamkan pola pikir
dan pola tindak yang positif dan konstruktif, santun bertutur dan sopan
bertindak;
f.
menanamkan kesadaran tentang hak dan
kewajiban;
g. menyelenggarakan shalat
jum’at di sekolah;
h. melaksanakan sholat
dzuhur berjamaah di sekolah;
i.
menyelenggarakan peringatan hari besar
keagamaan.
3.
Program Pengembangan Proses Pembelajaran
dengan cara melaksanakan:
a.
workshop model-model pembelajaran;
b.
pengembangan pembelajaran kontekstual;
c.
pengembangan kelompok belajar siswa dengan tutor sebaya;
d.
supervisi klinis intra dan antar Mata Pelajaran;
e.
IHT sesuai kebutuhan untuk peningkatan kualitas pendidik; dan
f.
pembinaan OSN/O2SN.
4.
Program Pengembangan Media Pembelajaran melalui:
a. pengadaan/perawatan alat dan bahan
penunjang pembelajaran dikelas (DVD, Tape, Lap Top, LCD);
b. pengadaan media pembelajaran;
c. pengadaan alat multi media disemua
kelas;
d. pengadaan komputer dengan akses
internet di perpustakaan dan tempat-tempat strategis;
e. pengadaan Lab. Bahasa;
f. optimalisasi Lab. IPA (Fisika, Kimia
dan Biologi) + TIK/IPS; dan
g. optimalisasi Perpustakaan.
5.
Melaksanakan
Program Implementasi Pendidikan Karakter Abad 21 Yaitu:
a. Karakter moral
-
Para
siswa muslim dapat khatam Al Quran
-
Pembiasaan
siswa laki-laki menjadi imam salat dzuhur dan memimpin do’a
-
Mampu
melaksanakan salat jenazah dengan benar
b. Karakter Kinerja
-
Berprestasi
Akademik (Nilai Raport baik masuk peringkat 10 besar)
-
Memiliki
kemampuan bahasa Inggris yang baik melalui TOEFL
c. Kompetensi kritis dan kreativitas
-
Membuat
Karya tulis
d. Kompetensi kolaborasi dan komunikasi
-
Aktif
dalam kepengurusan OSIS,
MPK, Ekskul
-
Berprestasi
Non Akademik
e. Literasi
-
Resume/bedah
buku
6.
Program Pengembangan pendidik dan Tenaga
Kependidikan dengan melaksanakan:
a. IHT Pengembangan
Bahan Ajar Berbasis IT;
b. pengembangan
kegiatan MGMP;
c. pengembangan
penelitian tindakan kelas;
d. pelatihan bahasa
Inggris untuk tenaga pendidik dan kependidikan; dan
e. pelatihan
komputer dan e-learning.
f. peningkatkan kompetensi semua
personal melalui pendidikan formal maupun latihan pengembangan profesi;
g. pembangunan komitmen
untuk meningkatkan kinerja;
h. penciptaan iklim kerja
yang kondusif;
i. studi banding ke
sekolah yang berprestasi nasional;
7.
Program Pengembangan Manajemen melalui:
a.
penerapan model manajemen berbasis sekolah secara penuh;
b.
pengembangan pola manajemen berbasis ICT (SIM);
c.
kerjasama dengan sekolah/instansi lain yang terkait dengan program
sekolah dalam wujud MoU;
d. kerjasama dengan
perguruan tinggi, dunia usaha, dan alumni untuk
pengembangan program sekolah; dan
e. pengembangan
fungsi partisipasi komite sekolah.
8. Peningkatan kualitas kedisiplinan dan
ketertiban peserta didik dengan:
a. terus menanamkan kesadaran disiplin dan ketertiban semua warga sekolah;
b. menyelenggarakan upacara bendera pada
hari senin, setiap minggu;
c. terus membangun kedisiplinan dan
ketertiban peserta didik melalui pembinaan oleh wali kelas pada hari senin,
setiap dua minggu sekali;
d. mengoptimalkan kerja petugas piket
dalam menertibkan dan mendisiplinkan peserta didik.
9. Peningkatan kualitas
sekolah, dengan:
a. membangun kerjasama antarpersonal yang sinergis, harmonis dan dinamis;
b. meningkatkan kegiatan
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat sekolah;
c. membangun budaya pembelajaran
aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAIKEM);
d. mengembangkan sistem
pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT);
e. memberikan pelayanan
khusus kepada peserta didik yang memiliki bakat dan kecakapan khusus/tinggi;
f. meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat
peserta didik;
g.
membentuk kelompok belajar peserta didik pencinta mata
pelajaran;
h.
mengikutsertakan peserta
didik dalam olimpiade dan lomba bidang
akademis lainnya;
i.
mempersiapkan peserta didik
sebagai bagian dari anggota masyarakat yang mandiri dan berguna.
10. Pelengkapan sarana/prasarana sekolah sebagai daya dukung
peningkatan mutu pendidikan, dengan:
a. melengkapi peralatan laboratorium Kimia, Biologi, dan Fisika sesuai standar sarana prasarana;
b. menambah perangkat komputer di
laboratorium Komputer yang memadai;
c. meningkatkan fungsi perpustakaan;
d. melengkapi sarana dan
prasarana pendidikan guna menunjang terlaksananya Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP).
11. Membangun kesadaran di
lingkungan sekolah akan pentingnya kebersihan, kesehatan dan keindahan, dengan:
a. membudayakan sekolah yang bersih,
sehat, indah dan aman.
b. membiasakan warga sekolah membuang
sampah pada tempatnya dan menyediakan tempat sampah organik dan anorganik;
c. meningkatkan kinerja tenaga kebersihan (caraka);
d. menetapkan sekolah sebagai kawasan
tanpa asap rokok;
e. petugas kantin sekolah menjaga kebersihan,
kesehatan dan keindahan lingkungan kantin;
f. membiasakan warga sekolah untuk memelihara lingkungan sekolah.
g. menata dan memelihara taman sekolah secara rutin;
h. meningkatkan kinerja tenaga keamanan (security).
12.
Program Pengembangan Standar Pembiayaan dengan cara:
a.
menjalin kerja sama dengan komite sekolah dan stakeholder untuk
menggali sumber pendanaan dari masyarakat yang memungkinkan sekaligus
monitoring penggunaan dana yang bersumber dari APBN/APBD;
b.
melakukan kerjasama dengan dunia usaha/industri;
c.
melakukan kegiatan yang menghasilkan keuntungan ekonomi
(kewirausahaan); dan
d.
mengoptimasikan penggunaan bantuan yang diberikan dari pusat dan
daerah.
13.
Program Pengembangan Penilaian melalui:
a.
pengembangan perangkat penilaian harian sesuai Permendikbud No. 04
Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar;
b.
pengembangan bentuk uji kompetensi;
c.
pengembangan model dan acuan penilaian; dan
d.
pelaksanaan evaluasi (ulangan harian, program remedial, pengayaan,
dan penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah) yang
sesuai Permendikbud No. 04 Tahun 2018.
14.
Program Pengembangan Diri melalui:
a.
optimalisasi BK dalam pengembangan diri;
b.
optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler;
c.
implementasi kegiatan Career
Day dan kegiatan kewirausahaan; dan
d.
pembentukan Tim Unggulan Mata Pelajaran.
15.
Hasil Yang Diharapkan:
a.
Terlaksananya program-program dalam upaya pengembangan SKL dengan
Standar Nasional.
b.
Terlaksananya program-program dalam peningkatan prestasi akademik
dan non akademik Siswa dengan minimal mendapat satu perestasi kejuaraan di
tingkat provinsi.
c.
Terealisasinya perangkat kurikulum yang lengkap, dan berwawasan
kedepan.
d.
Terealisasinya penyelenggaraan pembelajaran aktif, kreatif,
efektif dan
menyenangkan.
e.
Terpenuhinya kebutuhan SDM di sekolah yang sesuai dengan kebutuhan
sekolah (mempunyai kemampuan bahasa inggris, kemampuan mengopersikan komputer
dan internet, kemampuan menggunakan ICT dalam pembelajaran).
f.
Terpenuhinya fasilitas sarana dan prasarana untuk pembelajaran/ sekolah
dan manajemen sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah.
g.
Diimplementasikan model manajemen berbasis sekolah secara penuh.
h.
Tersusunnya program kerja dalam upaya sebagai pedoman kegiatan
sekolah.
Berdasarkan
uraian di atas, maka SMA Negeri 25 Bandung, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013
tentang Standar Nasional Pendidikan, memiliki keinginan dan upaya yang kuat untuk
melakukan berbagai pengembangan. Pengembangan tersebut antara lain:
a. Pengembangan pada
Standar Kompetensi Lulusan
b. Pengembangan pada Standar Isi
c. Pengembangan pada
Standar Proses Pendidikan
d. Pengembangan pada
Standar Penilaian
e. Pengembangan pada
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
f.
Pengembangan pada Standar Prasarana
dan Sarana Pendidikan
g. Pengembangan pada
Standar Pengelolaan
h. Pengembangan pada
Standar Pembiayaan Pendidikan
Bagikan Berita Ini